Dunia Sirkuit- Yamaha R25 masih menjadi 'mainan baru' bagi para biker yang baru
memiliknya selepas dipasarkan pada tahun 2014 ini. Namun, Muhammad
Abidin, GM Service Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing,
memprediksi bahwa modifikasi R25 'Rasa R3' akan menggejala, khususnya di
lintasan balap.Pasalnya, pihak Yamaha Indonesia berencana
menerapkan perubahan spesifikasi pada Yamaha R25 yang akan turut dalam
sejumlah ajang balap, termasuk di negara luar.
setara dengan R3, model yang belum dipasarkan secara resmi oleh Yamaha di Indonesia.
Modifikasi pun dilakukan untuk menekan biaya.
"(R25
'Rasa R3')Ini mungkin bisa dijadikan tren modifikasi R25. Jadi,
teman-teman bisa merasakan power yang lebih besar, tetapi dengan biaya
pengembangan yang jauh lebih murah," ujar Muhammad Abidin.
Yamaha
Indonesia akan menggelar R-Cup sebagai ajang bagi sepeda motor sport
dalam menggiring skill pebalap Indonesia ke level yang lebih tinggi dari
kelas bebek. Motor yang digunakan adalah R25, tetapi standar
spesifikasinya ditingkatkan setara R3.
Muhammad Abidin menjelaskan alasan Yamaha memilih motor standar
dengan modifikasi naik tingkat seperti ini. Salah satunya karena negara
di tempat mereka akan menurunkan pebalap Indonesia lebih menggunakan R3
di lintasan sehingga membutuhkan penyesuaian.
"Ada beberapa
teman-teman luar yang sepertinya minta, kalau mau ikut, spesifikasinya
harus sama, di beberapa negara yang mengekspor R3."
Sebagai
gambaran, R25 memiliki arsitektur injeksi yang didesain dengan sebutan
downdraft. Dengannya, perangkat penyemprot bahan bakar ini terhubung
secara vertikal menunjukkan RPM tinggi.
Jika R3 bermesin 321 cc,
R25 menggunakan mesin injeksi 250 cc. YZF-R25 sendiri menyuguhkan tenaga
26,5 KW (36 hp) dan lebih besar jika dibandingkan dengan motor-motor di
segmen ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar